Tadabbur Hadist Kebaikan Membaca Al Qur'an

Assalamu'alaikum...
Bismillah,

Ada yg ga punya masalah disini? (*angkat tangan)
..................
Ga ada ya,,

Ada yg punya banyak masalah disini? (*angkat telunjuk)
..........
Hampir  semua mungkin ya.

Yaya iyalah banyak masalah, namanya juga hidup.
Kalo banyak cucian, namanya laundry. 😁😁😁

Ga perlu galau .... tenang aja.  Yuk kita tadabburi hadist ini,

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya sebuah kebaikan. Dan sebuah kebaikan dilipatgandakan sepuluh kalinya. Saya tidak mengatakan aliflammim sebagai satu huruf tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” [HR Tirmidzi]

Nah, kalo ingin mendapatkan solusi2 atas masalah hidup; kalo mau dimudahkan urusan kita; kalo mau Allah ijabah do'a2 kita; kalo mau mendapatkan kebaikan-kebaikan hidup; kalo mau Allah bantu menyelesaikan masalah kita; yuk kita perhatikan interaksi kita dengan Al Qur'an.

Al Qur'an adalah sumbernya. Kedekatan seorang hamba pada Rabb ditentukan dr kedekatannya bersama Al Qur'an. Sebaik-baik kita dalam mengenal Allah adalah melalui Al qur'an.

 “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.” [Al-Bukhari 5027]

Jadi kalo ada masalah, ga perlu galau, ayo kita tingkatkan interaksi kita dengan Al Qur'an. Nah, sayangnya syaitan tak akan pernah suka jika kita membuka Al Qur'an.
Sering rasa malas kita dahulukan. Sering karena rasa letih kita hentikan. Sering krn hp berdering Al qur'an kita abaikan.

Wah, maklum aja, bukan syaitan namanya kalo ga godain manusia untuk beribadah. Jadi kita harus terus berdo'a agar Allah memberikan kenikmatan saat kita membacanya. Sehingga bukan letih, bosan, atau kantuk yang kita rasakan. Tapi sebuah candu kenikmatan.

Belum kenyang perut kita jika belum makan. Begitu juga dengan ruhiy (jiwa) kita belum kenyang kalo belum membaca Al qur'an. Dan memang hati yang bersih pasti tidak akan pernah kenyang untuk membaca Al qur'an, sehingga ia pun ingin lagi, lagi dan lagi. Semoga doa ini bisa kita amalkan, Agar Allah beri kenikmatan saat membaca Al Qur'an:


وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ

"karuniakanlah pada hamba kenikmatan untuk bisa membaca Al Qur’an sepanjang waktu, di tengah malam atau siang hari"


Barakallahulakum. Smg bermanfaat. Smg Allah perbaiki kualitas diri kita seiring dengan kita tingkatkan kualitas interaksi kita dengan Al Qur'an.
#Sembari mengingati diri sendiri.
#&tetap saling menasehati.

Wallahu'alam.


Komentar

Postingan Populer